Jurnal Teknik

FTUNIGORO LINKS

Video

 

Pertambangan Bojonegoro Tunjang Perekonomian


Selain sektor pertanian, sektor pertambangan diproyeksikan dapat menunjang perekonomian di Bojonegoro. Keberadaan lapangan minyak dan gas bumi (migas) bisa mendorong makin berkibarnya nama Bojonegoro sebagai daerah penghasil Migas nasional.

Dan Patisarani, Senior Economic World Bank menyatakan, Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Bojonegoro pada tahun 2011 berada dalam angka 68,4 di bawah Jawa Timur yang mencapai angka 71,4.
"Sementara itu, PDRB setelah adanya sektor migas ini sejak tahun 2007 sampai dengan 2011 tertinggi di Jawa Timur dengan angka 9,20 di bawah Sulawesi Tenggara yang menyentuh angka 10,4," paparnya, di hadapan bupati dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab


Demikian juga untuk angka kemiskinan terlihat bahwa laju pengurangan jumlah penduduk miskin terus mengalami peningkatan. Untuk pengangguran di Bojonegoro mencapai 4,48 dibandingkan Jawa Timur yang berada di angka 4,32. Lebih lanjut sektor bidang pertanian menyumbang 28 persen dari total PDRB, sedangkan restoran dan hotel menyumbang 20 persen.
Ditambahkan secara umum Bojonegoro mengalami tren yang positif di wilayah Jawa Timur. Dan menambahkan, kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro ini untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam bidang pemerintahan maupun pembangunan.
Peran sektor pertambangan yang terbesar dalam PDRB, secara signifikan memberikan andil yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bojoengoro. Sektor pertambangan ternyata juga menjadi penyerap tenaga kerja terbesar sumber berita.BOJONEGORO (bangsaonline) -

editor : nisa
wartawan : eky nurhadi

Maps Universitas Bojonegoro

Contact Us

FAKULTAS TEKNIK

Jl. Lettu Suyitno No.2, Kalirejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62119

No. Telp/Fax     : 0353 -885444
email:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.